Minggu, 02 Maret 2014

Kisah-kisah penuh Hikmah

Berapa sering anda membacakan cerita untuk anak-anak anda?

Membacakan cerita untuk anak-anak kita adalah salah satu cara bercengkrama yang menyenangkan bersama buah hati. Sekaligus sebuah proses dalam pembentukan kecerdasan dan karakter anak.

Cerita apa yang paling sering anda bacakan untuk buah hati?

Mmmm....
Bagaimana kalau saya usulkan buku ini saja Moms ....*_^

"Kisah-kisah penuh hikmah untuk anak sholih & sholihah"

Mengapa buku ini?

 Tahukah Moms, bahwa Rasulullah pernah bersabda:

"setiap anak dilahirkan dalam keadaan di atas fitrah (islam). Kemudian orang tuanyalah yang menjadikan anak itu Yahudi, Nashrani, atau Majusi."

 
Lihat, betapa besar tanggung jawab kita untuk menjadikan anak-anak kita menjadi anak yang bertauhid kepada Allah secara benar.
Salah satu cara memperkukuh keislaman anak-anak kita tentu dengan memberinya nasihat-nasihat kebaikan secara terus menerus. Dan bentuk menyenangkan dari pemberian nasihat itu salah satunya dengan cara membacakan buku-buku hikmah.

Jangan khawatir mom, meski kisah-kisah ini shahih dari Alqur'an dan Hadist buku ini sudah disusun sedemikian rupa dengan tulisan ringan yang mudah dipahami anak-anak. Kisah-kisah menarik inipun tidak hanya menghibur tapi juga sarat muatan aqidah dan hukum-hukum islam. Percaya deh moms, kisah-kisah ini tak kalah menariknya dari dongeng-dongeng buatan manusia.

Misalnya ini nih:

Kisah  perjalanan ruh orang yang mati. Bagaimana orang beriman dan orang kafir menghadapi saat terakhir mereka. Dimulai dengan saat keluarnya ruh, apa saja yang dilakukan para malaikat ketika ruh orang beriman atau orang kafir keluar. Apa yang terjadi saat ruh dibawa naik kelangit hingga di lempar kembali ke bumi. Juga saat ketika malaikat Munkar Nakir datang dengan pertanyaannya. Kisah ini berakhir dengan keptusan Allah nikmat kubur ataukah  siksa kubur bagi orang yang mati tersebut.



Ada juga kisah tentang para setan pencuri berita langit. Dikisahkan bahwa setan-setan yang demikian banyak rela mengorbankan diri mereka untuk mencuri dengar satu kata saja berita-berita langit (taqdir) dari pembicaraan para malaikat untuk kemudian menyampaikan berita kepada para dukun yang tujuan utamanya adalah untuk menyesatkan manusia. Maka bermodal satu kata itulah para dukun menambah-nambahi kisah sehingga seringkali terdengar “bencana ini terjadi karena setan laut ini sedang marah” atau “musibah ini terjadi karena penunggu gunung ini sedang marah”.

Kemudian kisah  seorang ahli tauhid di masa jahiliyyah. Dialah Zaid bin ‘amr bin Nufail yang tentangnya Nabi saw bersabda “Dia dibangkitkan pada hari kiamat sebagai ummat sendirian antara aku dan Nabi ’Isa Bin Maryam.”

Tak kalah menarik ketika menyimak perjalanan shahabat Salman Al Farisi dalam mencari agama yang Haq. Apa saja yang harus dilaluinya sebagai putra kesayangan seorang pembesar Majusi. 

Di seri 1 ini, total ada 9 kisah hikmah yang sungguh sangat menarik. Dengan membacakan anak-anak kita dengan kisah-kisah ini, tidak hanya mereka, kitapun sebagai orang tuanya dapat memperoleh manfaatnya, insyaallah. 


Judul: Kisah-kisah penuh hikmah untuk anak sholih & sholihah (seri 1)
Penyusun: Abu Muhammad Miftah
Penerbit: Media Insani
ISBN: 979-15368-0-5
Cetakan: Ketiga, Juli 2010



1 komentar:

Ila Rizky Nidiana mengatakan...

bagus ya, mba sarah. bisa diambil hikmahnya sama anak2

Posting Komentar