Selasa, 19 Januari 2016

(bukan) review novel rahasia pelangi

Judul: Rahasia Pelangi
Penulis: Riawani Elyta & Shabrina WS
Editor: Bernard Batubara & Yulliya
Cetakan: Pertama, 2015
Penerbit: GagasMedia, Jakarta
ISBN: 979-780-820-3

Dah lamaaaaaa khatam Rahasia pelangi,  tapi selalu sok sibuk hingga nggak sempat-sempat nulis sepatah dua patah kata. hohoho....

Jadi,  singkat kata aku memberi 4 bintang untuk racikan kisah yang ditulis duo penulis keren ini: mba Riawani elyta dan mb shabrina Ws.

Di buku ini ada Chay dan Anjani,  karakter yang (kuduga)  diciptakan oleh mba Shabrina. Soalnya dua karakter ini identik dengan tokoh-tokoh rekaan mba brien lainnya yg pernah kubaca. Cenderung kalem, punya prinsip, lembut hati,  religius,  dan diksinya punya aura romantis. uhuk....

Chay dan Anjani ini berprofesi sebagai mahout,  bahasa simplenya pawang gajah gitu deh. mereka bekerja di Taman Nasional Tesso Nilo. Profesi yang unikkan???

Nah,  di sisi lain ada Rachel dan Ebi,  mereka ini tokoh-tokoh yang (lagi-lagi kuduga kuat) dilahirkan dari imajinasi mba Riawani Elyta.  Soalnya,  Rachel dan Ebi ini punya karakter khas juga. Ceria,  spontan,  tangguh,  smart,  rada-rada agresif, pekerja keras,  dan diksinya itu penuh semangat yang menular ke pembaca. Rachel dan Ebi ini aktivis di CWO, salah satu organisasi lingkungan gitu deh.

And then,  karena tugas, berkunjunglah rachel dan ebi ke Tessa Nilo. Mereka akan meliput langsung pelatihan tim flying squad (hayoooo.....tau gak tim apaan nih? ). Mereka juga berkesempatan melihat langsung konflik gajah liar dengan manusia. Dan,  tentu dong ada urusan hati yang terbakar cemburu juga kecelakaan yang menima Rachel. Sebuah kecelakaan yang membuat hidup Rachel tak lagi sama. Sekaligus mengurung Anjani dalam rasa bersalah panjang.

Kalau versi aku,  novel ini tergolong inspiratif. Membacanya, kita jadi kaya informasi. Dari perlindungan gajah,  konflik lingkungan,  sampai  urusan hati. Soal setting,  nggak usah ditanyalah,  berasa ikut bertualang langsung ke Tessa Nilo. Penokohan juga,  keren bangetlah. Nggak ada protagonis,  antagonis,  semuanya manusia biasa dengan level tangis tawa yang pas.

Kamu yang nggak biasa baca bacaan berat,  jangan khawatir deh,  meski sarat informasi dan pesan lingkungan,  buku ini tetap asyik dinikmati kok. Bahkan ditulis duet oleh penulis yang punya gaya berbeda sekali pun,  tak membuat buku ini jadi timpang. Malah semakin menarik.

Apalagi yaaa???? oh iya,  pertama liat covernya yang bergambar gajah gitu aku langsung teringat salah satu kasus Mr. Poirot itu loh.....elephant can remember, apalagi menilik judulnya yang pake rahasia, tambah lagi salah satu penulisnya mba Riawani,  sempat ngarep sih ada suspend-suspendnya gitu xixixi...

But,  overall karya duet ini sukses bangetlah. Masing-masing penulis melakukan bagiannya dengan seimbang. tidak ada yang lebih dominan. hasil akhirnya jadi sedap-sedap nikmat gitu. Tambah lagi novel ini banyaaaak banget quotes kerennya.

Anyway,  terus semangat berkarya ya mba-mba sholihat. insyaallah jadi amal jariyah.

regard


Sarah

2 komentar:

Shabrina ws mengatakan...

Aamiin.
Makasiiiih banyaak ya Mbak Sarah,:)

riawani elyta mengatakan...

Amiiin...thanks a lot ya mbak sarah :) selalu tertegun lama kalo mata udh nyangkut di pict bikinan mbak ini. Cakep banget sih..hehe

Posting Komentar