Rabu, 12 Februari 2014

Toddlercare: Pedoman Merawat Balita


Seiring pertumbuhan anak, orang tua memiliki makin banyak pengalaman sehingga makin percaya diri dan terampil. Tetapi ketika si bayi menjadi balita, muncul masalah baru. 

Seorang bayi yang penurut rasa-rasanya dalam sekejap mata berubah menjadi balita perengek dan bandel. Timbul juga kekhawatiran terhadap pertumbuhan anak, seperti berjalan atau berbicara. 

Sikap masyarakat terhadap bayi danbalita pun berbeda. Raut wajah kagum memandang bayi yang sedang tidur berubah berkerut tak senang melihat balita aktif yang mengacak-acak rak supermarket. 

Simpati buat ibu yang anaknya pemarah biasanya lebih kecil dibandingkan simpati bagi ibu yang bayinya menangis. Anak orang lain sering tampak berkelakuan lebih baik daripada anak sendiri dan orang tua bias jadi menyalahkan diri sendiri jika sang anak dianggap memiliki kekurangan.
===========================



“Setiap anak adalah pribadi unik dan membutuhkan pendekatan berbeda-beda.”

Menjadi orang tua memang sebuah proses pembelajaran yang tiada henti. Tak bisa saklek merujuk pada teori parenting tertentu, karena setiap anak memiliki karakter berbeda yang tentu mengharuskan penanganan dan pola pengasuhan berbeda. Karenanya Menjadi orang tua wajib kreatif ^_^.

Buku Toddlercare adalah salah satu buku parenting yang bernutrisi baik dalam mengolah kekreatifan orang tua ketika menentukan pola pengasuhan yang tepat untuk buah hati. Buku ini juga memberi gambaran apa dan mengapa seorang balita bertingkah tertentu. Buku ini mengajak pembaca untuk membesarkan balita dengan cara menyenangkan.

Jujur saja, membaca bagian demi bagian buku ini saya menemukan jawaban-jawaban yang selama ini saya pertanyakan terkait polah putri kedua saya. Saya merasa jadi lebih mengerti keunikan masing-masing anak saya.

Bahasan dalam buku ini memang bukan hal baru, misalnya saja bab pertama; kegiatan sehari-hari yang memuat masalah kebutuhan gizi balita, masalah makan, perawatan rambut, gigi hingga masalah balita dengan pakaiannya, namun buku ini berhasil mengemas semua hal tersebut dengan lebih eye catching melalui gambar-gambar dan mudah dipahami dengan box berwarna berisi rangkuman apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan terkait masalah tertentu. 

Baba ke dua:Si kecil sedang tumbuh, bab ini terdiri dari beberapa bagian dari mulai mendorong perkembangan si kecil, mengembangkan kemampuan sosial, latihan ke kamar mandi hingga toilet training. Bab ini juga tak kalah menarik karena ada table standar tahap perkembangan intelektual anak,tahap perkembangan gerak tubuh,sosial , dan lainnya.

Bab selanjutnya tentang menjaga kesehatan si kecil. Yang sangat membantu bagi saya tentu tentang gejala beragam penyakit umum yang biasa menyerang balita kita. Ada penjelasan mengenai gejala dan penangan pertama serta bagaimana kita membuat balita yang sakit agar tetap merasa nyaman .

Bab yang tak kalah mencerahkannya adalah Bermain dan aktivitas lainnya. Orang tua diajak untuk menyadari bahwa dunia anak adalah dunia bermain. Beragam permainan kreatif yang sesuai tahapan kembang anak dipaparkan disini, cukup sebagai ide segar orang tua dalam mengembangkan permainan bersama buah hati.

Bab terakhir adalah yang paling menarik bagiku yakni Kebutuhan emosi balita.
Rasanya bab inilah yang paling mengena, karena hal-hal yang terkait emosi anak adalah sebuah hal penting yang tak memiliki standarisasi. Pembaca diajak memahami emosi anak dan mendorongnya agar berprilaku positif. Dari mendorongnya mandiri, memahami ledakan amarahnya, sifat agresif juga hal-hal yang menjadi kebiasaannya.

Membaca buku-buku parenting tidak berarti kita harus menerapkan apa yang dikatakan oleh buku, tapi membaca buku-buku parenting berarti menambah wawasan orang tua dalam proses lebih memahami buah hati hingga dapat mensupport tumbuh kembang mereka dengan optimal.

Toddlercare, Sebuah buku yang layak baca!



Judul: Toddlercare: Pedoman Merawat Balita
Penulis: June Thompson
Penerjemah: Dr. Novita Jonathan,MPH
Tahun: 2002
Penerbit: Erlangga

0 komentar:

Posting Komentar