Senin, 10 Februari 2014

Last Roommate: Buku ringan dengan misi berbahaya

Last RoommateLast Roommate by Theresia Anik
My rating: 1 of 5 stars

Pada awalnya saya menikmati membaca buku ini. Kita bisa mengenal karakter manusia yang beragam melalui tokoh-tokoh di buku ini.

Renata, gadis yang dianggap terlalu naif, terlalu biasa dan hidup dengan cara membosankan. Rendah diri, tidak bisa mengatakan “tidak” pada hal-hal yang seharusnya tidak harus dilakukannya membuatnya seringkali dimanfaatkan teman sekantornya.

Juga teman seapartemen Renata yang berganti-ganti. Dari Scarlett yang bermulut manis namun penuh bisa, Magnolia yang mengalami ketidakpercayaan diri super akut dan akhirnya memilih hidup di alam imaji yang serba ideal, Andrea yang oportunis hingga Nesta yang mengaku gay.

Dan bersama Nestalah, akhirnya Renata menemukan hal-hal istimewa dalam dirinya sendiri. Hei, bukankah setiap orang memiliki kelebihan masing-masing?

Belajar dari karakter Renata yang terbentuk dari cara orang tuanya memperlakukan setiap pencapaiannya dengan cara negatif, aku menggaris bawahi sepetik hikmah agar menjadi orang tua yang bijaksana. Bantulah anak menemukan kelebihannya hingga ia bisa menyukai dirinya sendiri dan kemudian supportlah anak dengan cara positif. Karena bagaimana seorang ibu/ayah memperlakukan anak-anak mereka, dengan cara demikianlah karakter mereka terbentuk hingga dewasa.

Awalnya aku benar-benar menyukai buku ini loh. Terlebih banyak hal positif yang juga bertebaran, tentang bagaimana kita merasa nyaman dengan diri kita sendiri.

“Nggak susah untuk bikin dirimu bahagia. Kamu hanya harus menerima dirimu apa adanya dan berkembang dengan segala kondisi itu” (hal 180)

Sayangnya premis inilah yang dijadikan pelegalan untuk sebuah hubungan yang “menyimpang”.

“Bahagiakah aku setelah aku mengenal, menyadari dan akhirnya berani menjadi diriku sendiri?
Ya. Aku sangat bahagia.
Jadi, tidak bisakah aku ikut bahagia bersama Calista dan Gladys yang memutuskan menjadi diri mereka sendiri?
Seharusnya begitu.seharusnya” (hal 181)

Dan buku ini bertutur dengan kalimat-kalimat segar, yang membuat pembaca nyaman dan sangat menikmati, membuatnya terlalu asyik dibaca. Hingga diakhir buku pembaca akan terhipnotis dan menarik kesimpulan bahwa hubungan”menyimpang” tersebut sah-sah saja dan seharusnya bisa diterima.

Sayang sekali setitik nila ini, menjadikan stigma awal saya yang penuh kekaguman terjun bebas, dan Saya lantas memandang roommate sebagai Sebuah buku ringan dengan misi berbahaya.

Semoga kedepannya penulis dan penerbit bisa lebih memperhatikan muatan moral yang terkandung dalam buku-buku yang diterbitkannya.



View all my reviews

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Waduh :(

@Brin

Posting Komentar