Minggu, 19 Januari 2014

Ensiklopedia perkembangan Bayi: Buku pegangan para orang tua siaga


Judul : Ensiklopedi perkembangan Bayi
Pengarang: SU LAURENT & PETER READER
Penerjemah: Andrea Lucman, Inswasti Cahyani
Penerbit: Erlangga
Tahun: 2009
ISBN: 9789790750302 

 Ensiklopedia Perkembangan Bayi ditulis oleh sepasang suami-istri, Su Laurent adalah dokter anak dan suaminya, Peter Reader, adalah dokter umum yang mengkhususkan diri pada dokter keluarga. Mereka telah membesarkan tiga buah hati mereka dan merupakan sumber ideal untuk memberi nasihat dan informasi. Selain karena mereka mempunyai pengalaman menangani bayi secara langsung, mereka juga mampu memberi saran medis. Dengan pengalaman  menumbuhkembangkan buah hati mereka sendiri, membuat mereka mampu memberikan saran-saran praktis yang membantu orangtua lain untuk membedakan apakah yang terjadi pada si kecil adalah hal yang serius dan perlu dikhawatirkan atau hanya merupakan fase pertumbuhan.

 Penulis menekankan luasnya cakupan hal-hal yang dianggap normal dalam perkembangan anak. Mereka menyarankan untuk tidak membandingkan bayi Anda dengan bayi lainnya karena tidak realistis dan tidak membantu, terutama untuk tidak membabi buta mengikuti  buku pedoman yang kaku dan penuh paksaan. Di buku ini, Anda diberi kebebasan untuk lebih rileks dan menikmati si kecil, memberinya kebebasan untuk tumbuh dan berkembang, namun dalam prosesnya tetap menjaga diri Anda sendiri baik secara fisik maupun emosional.


====================================

Berapapun usia anda, menjadi orang tua tetaplah merupakan fase luar biasa yang tak pernah menyediakan kata "siap". Menjadi orang tua adalah sebuah anugerah yang menimbulkan kebahagiaan besar sekaligus ketakutan akan tanggung jawab terhadap kehidupan seorang anak manusia yang dititipkan Tuhan kepada kita. 

Pernahkah anda membayangkan bagaimana harus bersikap pada bayi super mungil yang ketika lahir masih dipenuhi keriput, dengan kepala yang masih begitu lembutnya, yang ketika menyentuhnya hati terasa demikian khawatir jika saja sentuhan kita terlalu kuat sehingga menyakitinya?

Atau pernahkah anda membayangkan bagaimana harus menghadapi si batita yang mulai comel, menggemaskan, namun luar biasa keras kepalanya?

Bagaimanapun anda membayangkan dan menyiapkan segudang "bekal" untuk menghadapi saat-saat kebersamaan tersebut, pada kenyataannya setiap melalui moment-moment tersebut satu demi satu, anda bisa saja menjadi tak berkutik, tercengang, atau bahkan panik luar biasa.

Apakah normal bagi si kecil untuk memiliki jerawat?

Bayi yang selalu terlihat seperti menyedot ingus, apakah ia sedang pilek?

Bagaimana kita tahu apakah si kecil kedinginan atau tidak?

Sepertinya buah hati saya mengalami konstipasi. Apa yang harus saya lakukan?

Perlukah saya memberi buah hati empeng?

Saat lahir, si kecil sudah memiliki sebuah gigi. Apakah ini normal?

Batita saya kotor terus tiap hari. haruskah saya menggunakan produk antibakteri?

Bagaimana menangani batita yang tantrum?

Beragam pertanyaan-pertanyaan yang menghantui para ibu ataupun calon ibu  menemukan jawabannya di dalam buku ini.

Buku ini hadir menemani para orang tua membersamai bayi-bayi mereka. Apa yang terjadi dari 0 bulan hingga bayi berusia 2 tahun. Di lengkapi gambar-gambar berwarna, disajikan dengan runtut sesuai umur dan tahap perkembangan tanpa gaya menggurui, tanpa doktrin cara merawat bayi yang paling benar, karena semata-mata menyediakan informasi penting dalam merespons kebutuhan bayi dan batita yang terus berubah. Dimana dengan informasi tersebut para orang tua tetap dapat memilih cara yang sesuai dengan kondisi dan karakteristik pendidikan yang ingin ditanamkan orang tua sesuai insting mereka.

Buku ini memuat gambaran umum mengenai kondisi normal bayi sejak baru lahir hingga mencapai usia 2 tahun. pedoman praktis menangani tangisan bayi, masalah tidur dan makan, pertumbuhan, kondisi emosional anak, juga informasi penyakit umum pada bayi dan anak serta masalah perkembangan yang mungkin dihadapi dalam fase pertumbuhannya juga cara penanganan pertama terhadap hal-hal tersebut. Sebagai nilai plus terdapat pula fitur istimewa mengenai peran ayah.

Pada bab akhir "Keluhan kesehatan" pembaca akan menemukan informasi berharga mengenai berbagai kondisi umum pada anak disertai saran penanganan dan waktu yang tepat untuk pergi ke dokter.

(Hal 285) Selalu bawa anak anda ke Rumah sakit jika ia:
  • Hilang kesadaran
  • berhenti atau sulit bernapas
  • Mengalami luka yang dalam atau luka bakar yang serius dan luas area terbakarnya
  • mengalami gejala meningitis (tangisan bernada tinggi atau malah lemah, ubun-ubun menggembung, rewel luar biasa,lemas, mengantuk, badan lunglai, muntah-muntah, ruam atau jerawat kemerahan  dankulit berkeringat)
  • Mengalami luka kepala yang serius, muntah-muntah, pusing, hilang kesadaran
  • Diduga patah tulang
  • memakan benda beracun
  • ada benda asing yang menyangkut di telinga. hidung. atau matanya
  • tergigit ular, hewan, atau serangga dan ada riwayat alergi dalam keluarga
Bagian ini juga dilengkapi gambar untuk pertolongan pertama dalam kondisi-kondisi tersebut diatas.



Kondisi hilang kesadaran dan cara penanganannya




"Masa penantian itu sudah selesai- si buah hati telah hadir. Anda sekarang dapat memulai peran baru yang menakjubkan dan penuh tantangan sebagai orang tua."




1 komentar:

Esti Sulistyawan mengatakan...

Buku yang bagus untuk calon orang tua ya Mbak :)
Blog baru nih...ihir :)

Posting Komentar